UH TIK

 

  1. 1.    Apakah tujuan belajar analisis data?

    Tujuan belajar analisis data adalah agar kami mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual

     

    2.    Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?

    Pencarian data di dalam aplikasi pengolah lembar kerja dapat dilakukan menggunakan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup). Untuk membantu analisis data, kalian juga dapat menampilkan data dalam bentuk visual, seperti grafik untuk membandingkan data yang satu terhadap data yang lain. Kalian dapat mempelajari cara mengolah data dari sekumpulan data menjadi data yang lebih ringkas, atau yang biasa disebut peringkasan data. Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan. Selain itu, kalian juga dapat mengelola data dan menentukan kriteria untuk menampilkan data sesuai dengan tujuan.

     

    3.    Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!

    Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal.

     

    4.    Apa yang dimaksud dengan Pivot table?

    Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya. Peringkasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses analisis data.

     

    5.    Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?

    SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.

     

    6.    Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?

    Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan.

     

    7.    Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?

    Agar siswa-siswi kelas 8 mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.

     

    8.    Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?

    1. Tentukan jenis chart yang tepat sesuai dengan keperluan seperti catatan pada tabel di atas.

    2. Perhatikan apakah chart hanya untuk satu kelompok data, atau untuk beberapa kelompok data. Jika untuk beberapa kelompok data, kalian perlu menuliskan legenda (legend) untuk setiap kelompok data. Legend harus bermakna sesuai dengan datanya.

    3. Lengkapi chart dengan grafik (title), label sumbu x dan sumbu y (axislabel), atau label yang bermakna.

     

    9.    Apa yang dimaksud dengan pencarian data?

    Pencarian data merupakan proses pencarian data yang tersimpan di dalam suatu struktur data.

     

    10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?

    Visualisasi data berarti merepresentasikan data/informasi dalam bentuk grafik atau diagram.

     

    11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?

    Pengelolaan data merupakan proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang lebih mudah untuk dianalisa dan dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

     

    12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?

    Fungsi Look adalah salah satu fungsi pencarian dan referensi untuk mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua

     

    13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?

    Match : Mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi. Posisi dimulai dari 1.

    Index : Mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk.

    Choose : Mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dala

     

    14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data?

    Iya, kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kami dalam meringkas data?

     

    15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih sulit digunakan?

    SUMIFS, karena lebih panjang formulanya.

     

    16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!

    Iya, berguna. Karena data dicari pada table dibuat absolute references agar ketika disalin ke cell berikutnya, isi table array tetap.

     

    17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?

    Iya, senang dan juga tertantang.

     

    18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)?

    Tidak ada fungsi-fungsi yang dapat kami manfaatkan untuk mengelola data dengan lebih cepat dan mudah. Dan juga lebih memungkinkan untuk terjadinya ‘human error’ dalam mengelola data.

     

    19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!

    Pivot berarti berputar mengelilingi poros atau inti. Maka fungsi pivot di Excel dinamakan ‘PIVOT’ karena fungsi tersebut membuat pivot table berisi data yang telah diringkas (berputar mengelilingi) berdasarkan kategori (poros/inti) tertentu.

     

    20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?

    Iya, aku sudah dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini.

     


Komentar

Postingan populer dari blog ini

bab 6 pertemuan pertama semester 2 Afgan 8E